Usaha Pelatihan Senam, Kebugaran dan Pembentukan Tubuh

A.   Modal dasar :

•    Usaha ini memang relatif membutuhkan ruangan yang cukup besar. Karena itu, jika garasi atau halaman rumah Anda tidak terlalu besar, Anda bisa menyewa ruko kosong atau tempat lain yang bisa Anda sulap jadi tem­pat latihan.

•    Peralatan senam dan fitness. Harga peralatan ini memang relatif mahal. Untuk meminimalisir biaya, Anda bisa mencari alat-alat second berkualitas yang bisa Anda cari melalui media internet atau melalui buku yellow pages. Biaya bisa berkisar antara Rp 10 jutaan untuk alat-alat yang sederhana hingga ratusan juta untuk alat yang lebih spesifik.

•     Karyawan yang paling penting di usaha ini adalah pelatih senam atau instruktur  fitness

B.   Persiapan :

Untuk menggeluti usaha ini, Anda dapat membidik pasar perumahan atau perkantoran. Saat ini orang-orang memang lebih memperhatikan bentuk tubuh mereka. Karena itu, pasar itu sangat potensial untuk digarap. Buatlah selebaran atau poster yang ditempel di sekitar tempat yang jadi target pasar Anda. Buat paket murah meriah. Saat ini, bahkan di beberapa perumahan kelas menengah, ada pusat kebugaran yang menawarkan paket mulai dari Rp 30 ribu per bulan dengan pemakaian alat mingguan. Atau ada juga yang menawarkan Rp 5 ribu untuk sekali datang. Dengan harga semurah itu, member akan lebih mudah di jaring. Sesekali, kalau perlu undang instruktur yang punya nama untuk memberikan pelatihan sehari yang mana untuk pelatihan tersebut peserta ditarik uang lebih.

C.  Proyeksi pendapatan:

Dengan sewa Rp 5 ribu per orang sekali datang, rata-rata pelatihan kebugaran bisa kedatangan sekitar 100 orang per hari. Itu belum termasuk dari yang menjadi anggota tetap, jika seorang ditarik Rp 30 ribu per bulan, pelatihan kebugaran seperti ini dapat menjadi sebuah usaha yang cukup prospektif untuk terus berkembang. Namun perlu diingat, usaha seperti ini juga perlu memperhatikan faktor kenyamanan, karena itu, jika sudah sampai pada titik tertentu, peralatan harus ditambah menyesuaikan jurnlah anggota dan peserta yang terus berdatangan. Selain itu, instrukturnya pun perlu ditambah. Perhitungkan juga biaya perawatan peralatan tersebut.

D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: